Bisakah Memposting Multi-Artikel di Halaman Statis Blogspot?



Hari ini saya ingin berbagi trik kepada rekan-rekan blogger mengenai “How to add multiple post on a static page” (Bagaimana menampilkan beberapa posting –sekaligus- pada satu halaman statis). Topic ini termasuk thread yang paling dicari para blogger khususnya bagi mereka yang ingin mempercantik atau menata ulang tampilan blognya supaya terlihat lebih anggun dan terkesan “professional” (i.e mirip dengan tampilan website pada umumnya yang mengumpulkan topic-topic tertentu pada satu menu, red). Topic ini sendiri sudah pernah dibahas oleh para blogger senior di blog-blog mereka secara general (tapi jujur saja rada membingungkan.. hehe), (dimana salah satu content-nya adalah) seperti yang saya kutip berikut ini;

{If you want to publish multiple "posts" on a static page, using a standard Pages Index gadget, you just edit the static page as required. That gives you multiple "posts" that never appear in archives or label retrievals, or on the main page, on one true static page.

If your need for a "static" page is simply to have a collection of "posts", linked from a tabs index, make a custom pages / posts index gadget, and index label retrievals. This gives you multiple posts that will initially appear on the main page, and on any number of dynamic indexed (archives / label retrievals) pages….etc.}

OK, langsung saja pada inti permasalahan, trik yang saya gunakan ini bisa dibilang sangat sederhana, rekan-rekan cukup menampilkan “label/ categories” yang sudah disediakan oleh blogspot. Untuk tampilan menu bar-nya sendiri, rekan-rekan bisa menggunakan theme gratis yang banyak tersedia di internet (tinggal download saja, red). Edit nama menu dan sub-menu (jika ada dan diperlukan, red) sesuai keinginan anda. Jika labelnya sudah diaktifkan dan menu bar-nya juga sudah tersedia, kita bisa masuk ke tahap selanjutnya. Biar lebih mudah, saya ambil case tampilan blog saya saja. Jika diperhatikan, ada banyak label/ categories di dalam blog saya seperti “Ad-dien”, “My Notes”, “Poems”, “Software”, “Job Vacancy” dst dan juga beberapa menu bar seperti “Home”, “Sharing Knowledge”, “Miscellaneous” dan “Contact Me”.

O ya, sebelum saya sharing lebih jauh mengenai bagaimana cara memindahkan label-label tersebut ke dalam menu bar, saya ingin menginformasikan terlebih dahulu bahwa “static page” atau halaman statis pada blogspot secara teoritis tidak bisa digunakan untuk memposting/ menampilkan banyak artikel sebagaimana penjelasan pemilik http://blogging.nitecruzr.net berikut: “Let me very clear here. Static pages, and posts are simply two different things. You cannot publish posts on a static page.” Static page hanya bisa digunakan untuk memposting satu artikel saja, misal: “About Me” yang hanya berisi satu artikel mengenai deskripsi saya. Nah trik ini sebenarnya merupakan trik “akal-akalan” agar seolah-olah kita bisa menampilkan banyak posting di dalam satu halaman. OK lanjut Gan, sebagai contoh; disini saya ingin memindahkan label “Ad-dien” ke dalam menu “Sharing Knowledge”, bagaimana caranya?.

[1]. Login ke Blogger, kemudian masuk ke menu Design >> Edit HTML. Download Full Template terlebih dahulu untuk mengantisipasi seandainya terjadi kegagalan dalam proses pengeditan syntax HTML (i.e dengan kata lain kita masih bisa memanggil kembali template lama sebelum terjadi pengeditan, red). Kemudian “centang” kotak “Expand Widget Templates”.

[2]. Cari kode HTML yang mirip dengan syntax berikut di blog anda




Syntax yang berwarna merah merupakan bawaan dari template yang kita download. Gak perlu diedit atau diutak-atik, abaikan saja. Sedangkan syntax yang berwarna biru merupakan syntax yang akan kita edit, (href='http://old-nakula.blogspot.com/') merupakan alamat blog yang menampilkan halaman depan secara default (home). Sengaja saya set demikian karena di dalam menu "Sharing Knowledge" sendiri masih ada sub menu yang lain. (Title='Sharing Knowledge'>Sharing Knowledge) merupakan menu bar yang kita tuju. Nah yang paling penting adalah syntax di baris selanjutnya, (‘http://old-nakula.blogspot.com/search/label/Ad-Dien’) dimana letak label Ad-Dien itu berada. Caranya tinggal klik label Ad-dien, maka url tersebut langsung muncul di “address bar”. Copy url tersebut dan pindahkan ke HTML pada sub-menu “Ad-dien” diatas, setelah itu “Save Template”. Ketika kita masuk ke menu Sharing Knowledge >> Ad-dien, maka artikel-artikel yang berada dibawah label Ad-Dien akan muncul semua. Silahkan dilanjutkan untuk kategori-kategori lainnya. Setelah semua alamat label dimasukan dalam kode HTML, kita remove label tersebut dari widget. Selamat mencoba!



5 Respones to "Bisakah Memposting Multi-Artikel di Halaman Statis Blogspot?"

Anonim mengatakan...

Nice inpoh Gan.


8 November 2010 pukul 01.12
Unknown mengatakan...

trims bro ilmunya.....sangat bermanfaat


16 Mei 2013 pukul 02.19
denion mengatakan...

Wah ini lebih simpel. Kenapa gag kepikiran dari awal ya?
Keburu udah copas script dr tempat lain.
Terimakasih, bung. It's very helpfull.


20 September 2013 pukul 12.47
Anonim mengatakan...

gan ane kok kesulitan untuk prakteknya.,.,kodenya udah ane cari tp tidak ada


13 Juli 2014 pukul 09.37

Posting Komentar

 

Entri Populer

Recent Comments

Blog Statistic

Return to top of page Copyright © 2007 | Old Nakula