Keimanan itu terdiri dari
dua bagian, separuhnya berupa kesabaran dan separuhnya (lagi) berupa syukur. Abdullah
bin Mas’ud –radhiyallaahu ‘anhu- berkata;
وقال عبدالله بن مسعود رضى الله عنه: الايمان نصفان نصف صبر ونصف شكر
“Iman itu terdiri dari dua
bagian, separuhnya berupa kesabaran dan separuhnya berupa syukur.”
Oleh karenanya Allah
menyatukan antara sabar dan syukur dalam firman-Nya;
ان في ذلك لآيات لكل صبار
شكور
“... Sesungguhnya pada hal
yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang yang
penyabar lagi banyak bersyukur.” (QS. Ibrahim: 5)
Ayat ini terdapat dalam
surat Ibrahim, asy-Syura, Saba’ dan Luqman. Demikian (kurang lebih) penjelasan al-Imam
al-‘Allamah Ibnu al-Qayyim al-Jauziyyah –raheemahullaahu Ta’ala- (w. 751 H)
pada awal bab: الصبر نصف الايمان “Kesabaran adalah Separuh Dari Keimanan” dalam kitab beliau yang sarat dengan manfaat, ‘Uddatus Shaabirin.
Pembagian keimanan menjadi
dua bagian ini mengandung beberapa ibrah (pelajaran) diantaranya;
الدين كله رغبة ورهبة فالمؤمن
هو الراغب الراهب قال تعالى انهم كانوا يسارعون في الخيرات ويدعوننا رغبا ورهبا
وفي الدعاء عند النوم الذى رواه البخارى في
صحيحه "اللهم
انى أسلمت نفسى اليك ووجهت وجهى اليك وفوضت امرى اليك وألجأت ظهرى اليك رغبة ورهبة
اليك" فلا تجد المؤمن أبدا الا راغبا وراهبا والرغبة والرهبة لا تقوم الا على
ساق الصبر فرهبته تحمله على الصبر ورغبته تقوده إلى الشكر
(a). Pada
hakikatnya agama adalah harap dan cemas. Orang mukmin adalah orang yang penuh
harapan, akan tetapi terkadang juga penuh rasa cemas. Allah Ta’ala berfirman;
انهم كانوا يسارعون في
الخيرات ويدعوننا رغبا ورهبا
“... sesungguhnya mereka
adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan
yang baik dan mereka berdoa kepada Kami harap dan cemas... “ (QS. al-Anbiya:
90)
Doa tidur yang diriwayatkan
oleh al-Bukhari dalam Shahihnya berbunyi;
اللهم انى أسلمت نفسى اليك
ووجهت وجهى اليك وفوضت امرى اليك وألجأت ظهرى اليك رغبة ورهبة اليك
“Ya Allah, kuserahkan
diriku kepada-Mu, kuhadapkan wajahku kepada-Mu, kupercayakan urusanku kepada-Mu,
dan kusandarkan punggungku kepada-Mu dengan harap dan cemas kepada-Mu.”
Karena itu, anda selamanya
pasti mendapati orang mukmin dalam keadaan berharap dan cemas. Harapan dan
kecemasan hanya berdiri di atas kaki kesabaran. Rasa cemas akan mengarahkan
orang untuk bersabar dan rasa harap akan mengarahkannya untuk bersyukur.
جميع ما يباشره العبد في هذه
الدار لا يخرج عما ينفعه في الدنيا والآخرة أو يضره في الدنيا والاخرة أو ينفعه في
أحد الدارين ويضره في الاخرى وأشرف الاقسام أن يفعل ما ينفعه في الاخرة ويترك ما
يضره فيها وهو حقيقة الايمان ففعل ما ينفعه هو الشكر وترك ما يضره هو الصبر
(b).
Semua yang dilakukan oleh hamba di dunia ini tidak lepas dari hal yang
bermanfaat baginya di dunia dan di akhirat, atau merugikannya di dunia dan di
akhirat, atau bermanfaat baginya di salah satunya saja dan merugikannya di
salah satunya saja. Hamba yang paling mulia adalah yang melakukan hal yang
bermanfaat baginya di akhirat dan tidak melakukan hal yang merugikannya di
akhirat; inilah hakikat keimanan. Melakukan hal yang bermanfaat baginya
merupakan refleksi rasa syukur, sedangkan tidak melakukan hal yang merugikannya
adalah refleksi kesabaran.
العبد لا ينفك عن أمر يفعله
ونهى يتركه وقدر يجرى عليه وفرضه في الثلاثة الصبر والشكر ففعل المأمور هو الشكر
وترك المحظور والصبر على المقدور هو الصبر
(c).
Hamba tidak pernah lepas dari suatu perintah untuk dia laksanakan, larangan
untuk tidak dia lakukan, serta takdir yang berlaku padanya. Ketiga hal ini
mewajibkan seoran hamba untuk selalu bersabar dan bersyukur. Melaksanakan hal
yang diperintahkan merupakan wujud rasa syukur, sedangkan tidak melakukan hal
yang dilarang dan pasrah menerima takdir adalah wujud kesabaran.
العبد فيه داعيان داع يدعوه
إلى الدنيا وشهواتها ولذاتها وداع يدعوه إلى الله والدار الآخرة وما أعد فيها
لأوليائه من النعيم المقيم فعصيان داعى الشهوة والهوى هو الصبر وإجابة داعى الله
والدار الآخرة هو الشكر
d).
Diri hamba mengandung dua penyeru, yaitu suatu penyeru yang mengajaknya kepada
dunia, syahwat, serta kenikmatannya dan suatu penyeru yang mengajaknya kepada
Allah, negeri akhirat, serta kenikmatan kekal yang dipersiapkan oleh Allah
untuk wali-wali-Nya. Menolak ajakan penyeru syahwat dan hawa nafsu adalah wujud
kesabaran, sedangkan memenuhi ajakan penyeru jalan Allah dan negeri akhirat
adalah wujud rasa syukur.
الدين مداره على أصلين العزم
والثبات وهما الأصلان المذكوران في الحديث الذى رواه أحمد والنسائى عن النبي:
"اللهم إنى أسألك الثبات في الأمر والعزيمة على الرشد" وأصل الشكر صحة
العزيمة وأصل الصبر قوة الثبات فمتى أيد العبد بعزيمة وثبات فقد أيد بالمعونة
والتوفيق
e).
Agama berporos pada dua sumbu, yaitu tekad dan kesungguhan. Kedua pondasi ini
disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh ahmad dan an-Nasaa’i dari Nabi
Shallallaahu ‘alaihi wa sallama;
اللهم إنى أسألك الثبات في
الأمر والعزيمة على الرشد
“Ya Allah, aku memohon
kepada-Mu keteguhan dalam beragama dan tekad untuk tetap berada di jalan kebenaran.”
[1]
Syukur berakar pada tekad
yang benar, sedangkan kesabaran berakar pada keteguhan yang kuat. Apabila hamba
telah diperkuat dengan suatu tekad dan keteguhan, berarti dia telah diperkuat
dengan pertolongan Allah dan taufik-Nya.
الدين مبنى على أصلين الحق
والصبر وهما المذكوران في قوله تعالى { وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر} ولما
كان المطلوب من العبد هو العمل بالحق في نفسه وتنفيذه في الناس وكان هذا
هو حقيقة الشكر
لم يمكنه ذلك إلا بالصبر عليه فكان الصبر نصف الايمان والله سبحانه وتعالى أعلم
f).
Agama dibangun di atas dua pokok; kebenaran dan kesabaran. Keduanya disebutkan
dalam firman Allah Ta’ala;
وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر
“Dan saling menasihati
supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS.
al-‘Ashr: 3) [2]
Ketika yang diharapkan dari
hamba adalah mengamalkan kebenaran pada dirinya dan melaksanakannya pada orang
lain, maka inilah hakikat rasa syukur. Itu pun hanya terlaksana dengan cara
bersabar. Dengan demikian, kesabaran adalah separuh keimanan. Wallaahu
Subhaanahu wa Ta’ala a’lamu. [‘Uddatus Shaabirin, pg. 109-111. Cet. Daar Ibn
Katheer, Dimasyq, Beirut, 1409 H]
________
[1]. HR. al-Bukhari no.
6313 dan Muslim no. 56 dalam adz-Dzikr
[2]. Berkata asy-Syaikh al-‘Allamah
‘Abd ar-Rahman bin Nasheer as-Sa’dee –raheemahullaahu Ta’ala- (w. 1376 H)
dalam tafsirnya;
والتواصي بالحق،
الذي هو الإيمان والعمل الصالح، أي: يوصي بعضهم بعضًا بذلك، ويحثه عليه، ويرغبه فيه
“Saling
menasihati dengan kebenaran” yang merupakan iman dan amal shalih,
yakni sebagian orang menasihati sebagian yang lain dengan kebenaran, mendorong
dan mengajarkannya.
والتواصي بالصبر
على طاعة الله، وعن معصية الله، وعلى أقدار الله المؤلمة
“Saling
Menasihati dengan kesabaran” adalah dalam ketaatan terhadap Allah,
bersabar menjauhi maksiat, dan bersabar atas ketentuan-ketentuan Allah yang
menyakitkan. [Taiseer al-Kareem ar-Rahman fi Tafsir Kalam al-Mannan, vol. 8,
pg. 1992, Cet. Daar Ibn al-Jawzee, KSA, 1426 H]
Labels:
Ad-Dien
0 Respones to "Kesabaran Adalah Separuh Keimanan"
Posting Komentar