Yang pasti pidato ini bukan
berasal dari kalam para pemimpin masa kini, bukan pula dari pemimpin kelompok
hizbiyyah. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallama bersabda;
فعليكم بسنَّتي وسنَّة
الخلفاء الراشدين المهديِّين، عضُّوا عليها بالنَّواجذ
“Maka wajib bagi kalian
berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah al-Khulafa
ar-Rasyidin yang mendapatkan petunjuk, gigitlah dengan gigi geraham..” [HR.
Abu Dawud no. 4607, Ahmad 4/126-127, dan at-Tirmidzi no. 2676]
al-Imam al-Hafizh Ibnu
Rajab al-Hanbaly –raheemahullaahu Ta’ala- (w. 795 H) berkata dalam syarh-nya;
والسنَّة هي الطريقة المسلوكة،
فيشمل ذلك التمسُّك بما كان عليه هو وخلفاؤه الراشدون منالاعتقادات والأعمال والأقوال،
وهذه هي السنَّة الكاملة، ولهذا كان السلف قديماً لا يطلقون اسم السنَّة إلاَّ على
ما يشمل ذلك كلَّه
“Sunnah adalah jalan yang
dilalui. Sehingga sunnah mencakup apa-apa yang beliau –Shallallaahu ‘alahi wa
sallama- jalani dan apa-apa yang dijalani oleh para
Khulafa ar-Rasyidin berupa akidah, perbuatan dan ucapan. Inilah sunnah
yang sempurna. Oleh karena itu generasi salaf dahulu tidak menamakan sunnah
kecuali apa saja yang mencakup semuanya (i.e ketiga aspek tersebut).” [Jaami’ul
‘Ulum wa al-Hikam, 2/120. Mu’assasah ar-Risalah, Beirut]
Guru besar ilmu Hadits
(Emeritus) Universitas Islam Madinah al-Munawwaroh dan pengajar tetap di Masjid
Nabawi KSA, asy-Syaikh al-‘Allamah Abdul Muhsin bin Hamd al-‘Abbad al-Badr –hafizhahullaahu
Ta’ala- menjelaskan;
وقد حثَّ رسول الله صلى
الله عليه وسلم على التمسُّك بسنَّته وسنَّة خلفائه الراشدين بقوله: "فعليكم"،
وهي اسم فعل أمر، ثم أرشد إلى شدَّة التمسُّك بها بقوله: "عضُّوا عليها بالنَّواجذ"،
والنواجذ هي الأضراس، وذلك مبالغة في شدَّة التمسُّك بها.
“Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi
wa sallama telah memotivasi untuk berpegang teguh kepada sunnahnya dan sunnah para Khulafa ar-Rasyidin dengan sabda beliau: ‘Fa’alaykum’
yang berbentuk fi’il ‘amr (kata perintah). Kemudian beliau menuntun untuk
berpegang teguh dengan keras dalam sabda beliau, ‘Gigitlah dengan gigi geraham.’
An-Nawaajidz adalah geraham. Ini adalah ungkapan untuk berpegang teguh dengan
keras.” [Fathul Qawiy al-Matiin, hal. 98. Daar Ibnu al-Qayyim, Damaam]
Dan beliau radhiyallaahu ‘anhu (yang berpidato pasca ia terpilih sebagai pemimpin umat menggantikan pemimpin sebelumnya yang wafat) ini adalah salah satu di antara para al-Khulafa ar-Rasyidin yang mendapatkan
petunjuk sebagaimana yang disebutkan dalam hadits di atas, yang dibersihkan hatinya dari sifat munafik (hati, ucapan
dan perbuatannya sama, red), ditazkiyah oleh Allah Subhaanahu wa Ta’ala dan
Rasul-Nya, dan dijamin Surga oleh Allah ‘Azza wa Jalla. Dan beliau –sebagaimana
para shahabat radhiyallaahu ‘anhum ajma’in yang lain- adalah manusia pilihan yang
tidak akan ada manusia sepertinya di zaman-zaman setelahnya. al-Hafizh Syaikhul
Islam Taqiyuddin Ibnu Taimiyyah al-Harrani –raheemahullaahu Ta’ala- (w. 728 H)
menjelaskan;
لا كان ولا يكون مثلهم
وأنهم هم الصفوة من قرون هذه الأمة التي هي خير الأمم وأكرمها على الله تعالى
“Tiada dan tidak akan ada
orang seperti mereka. Dan bahwasanya mereka adalah manusia pilihan daripada/
dibandingkan manusia-manusia dalam abad-abad umat ini yang merupakan umat
terbaik dan termulia menurut Allah Ta’ala.” [Syarh al-‘Aqidah
al-Wasithiyyah, 2/293. Daar Ibnu al-Jawzee, Riyadh]
Pidato amirul mukminin yang
mulia ini kami nukil dari kitab al-Bidayah wan Nihaayah karya al-Hafizh ‘Imaddudin
Abul Fida’ Isma’il bin Katsir ad-Dimasyqi –raheemahullaahu Ta’ala-. Sebelum
masuk lebih dalam kepada inti artikel, ada baiknya jika kita mendengar pemaparan asy-Syaikh
DR. ‘Utsman bin Muhammad al-Khamis –hafizhahullaahu- mengenai “Buku sejarah Islam (terpercaya) apa saja yang sebaiknya kita baca atau kita jadikan referensi/ rujukan,
khususnya bagi para pemula seperti kita”, beliau –hafizhahullaahu- berkata;
“Jika anda mampu
menganalisis sanad (mata rantai perawi) dan menelitinya, maka bacalah kitab
al-Imam ath-Thabari (Tarikh ath-Thabari). Kitab beliau ini adalah pegangan bagi
para ulama yang menulis kitab sejarah. Adapun jika anda
tidak mampu menganalisis dan meneliti sanad, maka bacalah; 1). Kitab al-Hafizh
Ibnu Katsir, al-Bidayah wan Nihaayah; 2). Kitab al-Hafizh adz-Dzahabi,
Taarikhul Islam; 3). Kitab al-‘Allamah al-Qadhi Abu Bakar Ibnul Arabi, al-‘Awashim
minal Qawashim, yakni kitab terbaik di antara kitab-kitab lainnya yang membahas
periode sejarah pasca wafatnya Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallama hingga
terbunuhnya al-Hushain radhiyallaahu ‘anhu.” [Hiqbah Min at-Tariikh, hal.
25. Maktabah al-Imam al-Bukhariy]
Ok lanjut; al-Imam
al-Hafizh ‘Imaduddin Ibnu Katsir ad-Dimasyqi as-Syafi’i –raheemahullaahu Ta’ala-
(w. 774 H) mengatakan mengenai shahabat yang mulia ini dalam kitabnya;
هُوَ
عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ بْنِ أَبِي الْعَاصِ بْنِ أُمَيَّةَ بْنِ عَبْدِ شَمْسِ
بْنِ عَبْدِ مَنَافِ بْنِ قُصَيِّ بْنِ كِلَابِ بْنِ مُرَّةَ بْنِ كَعْبِ بْنِ
لُؤَيِّ بْنِ غَالِبِ بْنِ فِهْرِ بْنِ مَالِكِ بْنِ النَّضْرِ بْنِ كِنَانَةَ
بْنِ خُزَيْمَةَ بْنِ مُدْرِكَةَ بْنِ إِلْيَاسَ بْنِ مُضَرَ بْنِ نِزَارِ بْنِ
مَعَدِّ بْنِ عَدْنَانَ، أَبُو عَمْرٍو، وَأَبُو عَبْدِ اللَّهِ، الْقُرَشِيُّ،
الْأُمَوِيُّ، أَمِيرُ الْمُؤْمِنِينَ، ذُو النُّورَيْنِ، وَصَاحِبُ
الْهِجْرَتَيْنِ، وَالْمُصَلِّي إِلَى الْقِبْلَتَيْنِ، وَزَوْجُ الِابْنَتَيْنِ.
“Dia adalah ‘Ustman bin ‘Affan
bin Abu al-Ash bin Umayyah bin ‘Abdu Syams bin ‘Abdu Manaf bin Qushai bin Kilab
bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin an-Nadhar bin
Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizhar bin Ma’ad
bin Adnan, Abu ‘Amr dan Abu ‘Abdillah, al-Qurasyi, al-Umawi, salah seorang
Amirul Mukminin yang berjuluk Dzun Nurain (orang yang memiliki dua cahaya
karena menikahi dua putri Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallama), Shahibul
Hijratain (pernah ikut hijrah ke Habasyah dan Hijrah ke Madinah), mengalami
shalat di dua arah kiblat (pertama ke Masjidil Aqsha, kedua ke Masjidil Haram),
dan suami dari dua putri Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallama.
وَهُوَ أَحَدُ
الْعَشْرَةِ الْمَشْهُودِ لَهُمْ بِالْجَنَّةِ، وَأَحَدُ السِّتَّةِ أَصْحَابِ الشُّورَى،
وَأَحَدُ الثَّلَاثَةِ الَّذِينَ خَلَصَتْ لَهُمُ الْخِلَافَةُ مِنَ السِّتَّةِ، ثُمَّ
تَعَيَّنَتْ فِيهِ بِإِجْمَاعِ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ،
‘Utsman bin ‘Affan –radhiyallaahu
‘anhu- adalah salah seorang shahabat yang dijanjikan masuk surga oleh
Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallama, salah satu dari enam anggota tim
syura (yang terlibat dalam pemilihan khalifah pasca wafatnya amirul mukminin
Umar bin Khaththab radhiyallaahu ‘anhu), satu dari tiga orang yang menjabat
sebagai khalifah dari enam kandidat yang ada, selanjutnya secara aklamasi kaum
Muhajirin dan Anshar radhiyallaahu ‘anhum memilih beliau.
فَكَانَ
ثَالِثَ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ، وَالْأَئِمَّةِ الْمَهْدِيِّينَ،
الْمَأْمُورِ بِاتِّبَاعِهِمْ وَالِاقْتِدَاءِ بِهِمْ.
‘Utsman bin ‘Affan –radhiyallaahu
‘anhu- adalah khalifah ketiga dan pemimpin yang mendapat petunjuk, dimana
seluruh umat diperintahkan untuk mengikuti dan meneladani beliau.” [al-Bidayah
wan-Nihaayah, 10/347. Daar Hijr Li ath-Thaba’ah wa an-Nashr at-Tawzi’, Tahqiq:
asy-Syaikh DR. Abdullah bin ‘Abdul Muhsin at-Turkiy]
كَانَ
عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَدْ جَعَلَ الْأَمْرَ بَعْدَهُ
شُورَى بَيْنَ سِتَّةِ نَفَرٍ، وَهُمْ: عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ، وَعَلِيُّ بْنُ
أَبِي طَالِبٍ، وَطَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ، وَالزُّبَيْرُ بْنُ
الْعَوَّامِ، وَسَعْدُ بْنُ أَبِي وَقَّاصٍ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ،
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ. وَتَحَرَّجَ أَنْ يَجْعَلَهَا إِلَى وَاحِدٍ مِنْ
هَؤُلَاءِ عَلَى التَّعْيِينِ، وَقَالَ: لَا أَتَحَمَّلُ أَمْرَكُمْ حَيًّا
وَمَيِّتًا، وَإِنْ يُرِدِ اللَّهُ بِكُمْ خَيْرًا يَجْمَعْكُمْ عَلَى خَيْرِ
هَؤُلَاءِ، كَمَا جَمَعَكُمْ عَلَى خَيْرِكُمْ بَعْدَ نَبِيِّكُمْ، صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
Sebelum meninggal, Umar bin
Khaththab radhiyallaahu ‘anhu telah memutuskan bahwa persoalan suksesi
kepemimpinan sesudahnya diselesaikan melalui jalur musyawarah di antara enam
orang, mereka adalah ‘Ustman bin ‘Affan, ‘Ali bin Abi Thalib, Thalhah bin ‘Ubaidillah,
az-Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqqash dan ‘Abdurrahman bin ‘Auf
radhiyallaahu Ta’ala ‘anhum. Dia berusaha menghindari untuk menyerahkan
pemerintahan kepada satu orang dari mereka dengan menunjuk nama secara
langsung, dia berkata (Tarikh ath-Thabari, 4/228), “Aku tidak bisa
menanggung persoalan kalian baik hidup maupun mati, namun jika Allah menghendaki
baik pada kalian, pasti Dia akan mempersatukan kalian dengan memilih yang
terbaik di antara mereka, seperti Allah mempersatukan kalian dengan memilih
yang terbaik di antara kalian sepeninggal Nabi kalian Shallallaahu ‘alaihi wa
sallama.” [Silahkan lihat al-Bidayah wan-Nihaayah, 10/208. Daar Hijr Li
ath-Thaba’ah wa an-Nashr at-Tawzi’, Tahqiq: asy-Syaikh DR. Abdullah bin ‘Abdul Muhsin
at-Turkiy]
Dan akhirnya Allah
Subhaanahu wa Ta’ala menghendaki shahabat yang mulia, ‘Utsman bin ‘Affan –radhiyallaahu
‘anhu-, Dzun Nurain sebagai khalifah yang terbimbing, meneruskan estafet
kepemimpinan amirul mukminin sebelumnya, Umar bin Khaththab radhiyallaahu ‘anhu.
Setelah beliau terpilih secara aklamasi dan dibaiat oleh seluruh shahabat yang
mulia dari kalangan Muhajirin dan Anshar, beliau berpidato yang isinya sangat menggetarkan
jiwa. Tidak ada ajakan untuk ta’ashub kepada hizbiyyah. Yang ada hanyalah
ajakan untuk mengisi sisa hidup dengan amal shalih, bersungguh-sungguh dalam
kebaikan dan tidak lalai terhadap tipu daya dunia yang menggiurkan mata dan
hati, serta mendahulukan kehidupan akhirat atas dunia yang fana. Saif bin ‘Umar
telah meriwayatkan dari Badr bin ‘Utsman, dari pamannya, dia menuturkan;
Tatkala anggota musyawarah telah menyatakan janji setia (baiat) kepada ‘Utsman,
dia keluar dan dia tampak orang yang sangat bersedih di antara mereka, lalu dia
menyampaikan pidatonya di hadapan sejumlah kaum muslimin; dia pertama-tama
memuji Allah dan mengucapkan shalawat kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa
sallama. Dia berkata;
إِنَّكُمْ
فِي دَارِ قَلْعَةٍ، وَفِي بَقِيَّةِ أَعْمَارٍ، فَبَادِرُوا آجَالَكُمْ بِخَيْرِ
مَا تَقْدِرُونَ عَلَيْهِ، فَلَقَدْ أُتِيتُمْ؛ صُبِّحْتُمْ أَوْ مُسِّيتُمْ،
أَلَا وَإِنَّ الدُّنْيَا طُوِيَتْ عَلَى الْغُرُورِ
“Sesungguhnya kalian berada
di dunia tempat yang akan tercerabut (berubah dan ditinggal pergi) dan sedang
menjalani sisa-sisa hidup kalian, maka segeralah kalian sambut akhir masa hidup
kalian dengan kebaikan yang mampu kalian lakukan, sungguh kalian diberikan
karunia hidup, sepanjang pagi dan sore. Ingatlah sesungguhnya kehidupan dunia
itu diapit dengan tipu daya syaithan.
{فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا
وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ} [لقمان: 33]
“Maka janganlah sekali-kali
kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syaithan)
memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah.” (QS. Luqman: 33)
وَاعْتَبِرُوا
بِمَنْ مَضَى ثُمَّ جِدُّوا وَلَا تَغْفُلُوا؛ أَيْنَ أَبْنَاءُ الدُّنْيَا
وَإِخْوَانُهَا الَّذِينَ أَثَارُوهَا وَعَمَرُوهَا وَمُتِّعُوا بِهَا طَوِيلًا؛
أَلَمْ تَلْفِظْهُمْ! ارْمُوا بِالدُّنْيَا حَيْثُ رَمَى اللَّهُ بِهَا،
وَاطْلُبُوا الْآخِرَةَ فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ ضَرَبَ لَهَا مَثَلًا، وَالَّذِي
هُوَ خَيْرٌ، فَقَالَ تَعَالَى
Ambillah pelajaran melalui
orang-orang yang terdahulu, kemudian bersungguh-sungguhlah kalian dan jangan
kalian lalai; dimanakah orang yang menyanjung-nyanjung kehidupan dunia dan
kawan-kawannya, yang lebih memilih mendahulukan kesenangan dunia,
meramaikannya, dan dibalut dengan kesenangan dunia yang sangat lama, bukankah
dia telah mengatakan kepadanya: Buanglah dunia sekiranya Allah memerintahkan
membuangnya, dan carilah kehidupan akhirat, karena sesungguhnya Allah telah
membuat perumpamaan mengenai kehidupan dunia, dan sesuatu yang terbaik, Allah
Subhaanahu wa Ta’ala berfirman;
{وَاضْرِبْ لَهُمْ مَثَلَ الْحَيَاةِ
الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنْزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ
الْأَرْضِ فَأَصْبَحَ هَشِيمًا تَذْرُوهُ الرِّيَاحُ وَكَانَ اللَّهُ عَلَى كُلِ
شَيْءٍ مُقْتَدِرًا الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا
وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا} [سُورَةُ
الْكَهْفِ: 45، 46]
“Dan berilah perumpamaan
kepada mereka (manusia), kehidupan dunia adalah sebagai air hujan yang Kami
turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka
bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin.
Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
Harta dan anak-anak adalah
perhiasan kehidupan dunia, tetapi amalan-amalan yang kekal lagi shalih adalah
lebih baik pahalanya di sisi Rabbmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS.
Al-Kahfi: 45-46)
قَالَ:
وَأَقْبَلَ النَّاسُ يُبَايِعُونَهُ. قُلْتُ: وَهَذِهِ الْخُطْبَةُ إِمَّا بَعْدَ صَلَاةِ الْعَصْرِ
يَوْمَئِذٍ، أَوْ قَبْلَ الزَّوَالِ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ جَالِسٌ
فِي رَأْسِ الْمِنْبَرِ، وَهُوَ الْأَشْبَهُ. وَاللَّهُ أَعْلَمُ.
Pamannya Badr bin ‘Utsman
berkata: Dan orang-orang pun berdatangan hendak menyatakan janji setia
kepadanya. Menurutku (i.e al-Hafizh Ibnu Katsir), pidato ini ada kemungkinan
disampaikan sesudah shalat ‘Ashr pada hari itu juga, atau sebelum matahari
tergelincir, sedangkan ‘Abdurrahman bin ‘Auf duduk di ujung mimbar, keterangan
ini lebih mendekati kebenaran. Wallaahu a’lam.” [Silahkan lihat al-Bidayah
wan-Nihaayah, 10/215-216. Daar Hijr Li ath-Thaba’ah wa an-Nashr at-Tawzi’,
Tahqiq: asy-Syaikh DR. Abdullah bin ‘Abdul Muhsin at-Turkiy]
Inilah pidato pertama (nan singkat namun padat) yang
disampaikan oleh amirul mukminin di hadapan kaum muslimin pasca beliau terpilih
menggantikan khalifah terbimbing sebelumnya yang telah wafat, i.e berisi nasihat agar kaum muslimin berhati-hati dari tipu daya dunia (insyaAllah jika ada waktu luang akan kami kutipkan pidato-pidato beliau radhiyallaahu ‘anhu yang lain, red).
Jadi teringat hadist shahih berikut;
فَوَاللَّهِ مَا الْفَقْرَ
أَخْشَى عَلَيْكُمْ وَلَكِنْ أَخْشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُبْسَطَ عَلَيْكُمْ الدُّنْيَا
كَمَا بُسِطَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ فَتَنَافَسُوهَا كَمَا تَنَافَسُوهَا وَتُلْهِيَكُمْ
كَمَا أَلْهَتْهُمْ. أخرجه البخاري
“Demi Allah!, bukanlah
kefakiran (kemiskinan) yang aku takutkan atas kalian, akan tetapi yang aku
takutkan adalah jika dunia dibentangkan (lebar-lebar) atas kalian sebagaimana
telah dibentangkan atas orang-orang sebelum kalian, lalu kalian (saling)
berlomba-lomba padanya sebagaimana orang-orang sebelum kalian (saling)
berlomba-lomba dan (akhirnya dunia) menghancurkan kalian sebagaimana ia telah
menghancurkan orang-orang sebelum kalian.” (HR. Al-Bukhariy no. 3158)
Dan sepertinya -wallaahu a’lam- nasihat
amirul mukminin pada pidatonya diatas, i.e “Ambillah
pelajaran melalui orang-orang yang terdahulu.” ada kaitannya dengan sabda
Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallama dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh
al-Imam al-Bukhariy tersebut, i.e “orang-orang sebelum kalian”. Yakni bahwa ketika dunia (harta, kekuasaan dll) terbuka
lebar di depan mata, dan ada kesempatan besar untuk meraihnya, maka orang-orang
akan saling berlomba-lomba memperebutkannya dengan berbagai cara (halal haram
menjadi samar, red), hingga mereka lalai, menganggap biasa dan lumrah sesuatu
yang tak biasa seperti bermewah-mewahan, pemborosan, mengambil harta dengan
cara bathil dll, hingga akhirnya mereka berpecah belah, saling mendengki satu
sama lain, saling menjatuhkan satu sama lain, sunnah-sunnah ditinggalkan, tidak berdiri dengan sungguh-sungguh di atas al-Kitab wa sunnah yang para generasi terbaik ummat ini (para
shahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in) berdiri diatasnya, akan tetapi di atas kepentingan
dan keta’ashuban terhadap kelompoknya masing-masing (hizbiyyah). Kalau pun nasihat
para Khulafa ar-Rasyidin dan para salaf ash-Shalih itu diambil, umumnya hanya
sebagian saja yang hanya mencocoki kepentingan kelompoknya, memuaskan dahaga ambisinya atau hanya sekedar menjadikannya slogan-slogan belaka tanpa benar-benar diamalkan. Dahulu, dunia telah menghancurkan dan membinasakan orang-orang sebelum kita yang begitu tamak (terhadapnya), dan kini kita diminta untuk waspada dan tidak lalai, agar peristiwa serupa tidak terulang kembali di zaman ini. Mudah-mudahan Allah Azza wa Jall
memberikan kita semua petunjuk kepada jalan yang lurus dan meneguhkan hati para pemimpin kita di atas kebaikan dan kebenaran. Wallaahu Subhaanahu wa
Ta’ala a’lamu.
Labels:
Ad-Dien
0 Respones to "Pidato Yang Menggugah Jiwa Dari Sang Pemimpin"
Posting Komentar