Sesuatu Yang Baik Sudah Tentu Berbeda Dengan Yang Buruk



Allah Azza wa Jalla berfirman; “Katakanlah, tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan”. (QS. Al-Ma'idah; 100)


Tafsir ayat:

“Katakanlah” kepada manusia dalam rangka memberikan semangat kepada mereka akan kebaikan dan memperingatkan mereka dari keburukan.

“Tidaklah sama (antara) yang buruk dan yang baik” dalam segala hal. Iman dengan kekufuran tidaklah sama, ketaatan dengan kemaksiatan tidaklah sama, penduduk surga dengan penduduk neraka tidaklah sama, perbuatan baik dengan perbuatan buruk tidaklah sama, harta yang halal dengan harta yang haram tidaklah sama.

“Meskipun banyaknya yang buruk menarik hatimu”, karena yang buruk itu tiada berguna sedikitpun bagi pemiliknya, bahkan membahayakan agama dan dunianya.

“Maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang berakal, agar kamu mndapat keberuntungan"” Allah Subhaanahu wa Ta'ala memerintahkan kepada orang-orang yang berakal sempurna dan orang-orang yang memiliki pandangan yang lurus. Allah Azza wa Jalla mengarahkan pembicaraan kepada mereka. (Karena) mereka itulah yang diperhatikan dan diharapkan (bisa) menjadi (individu-individu) baik. Kemudian Allah memberitakan bahwa keberuntungan bergantung kepada takwa yang merupakan ketaatan kepadaNya i.e pada perintah dan laranganNya. Barangsiapa bertakwa kepadaNya maka beruntunglah ia scara total. Barangsiapa mengabaikan takwa kepadaNya, maka merugilah ia dan tidaklah (ia) beruntung.


Dinukil dari Kitab;

Taisir Al-Karim Ar-Rahman Fi Tafsir Kalam Al-Mannan Juz. 7/ vol. 2

Oleh; Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'dy rahimahullahu



0 Respones to "Sesuatu Yang Baik Sudah Tentu Berbeda Dengan Yang Buruk"

Posting Komentar

 

Entri Populer

Recent Comments

Blog Statistic

Return to top of page Copyright © 2007 | Old Nakula